Kamis, 28 November 2013

9 Kelemahan Honda All New Jazz Versi Pengguna

9 Kelemahan Honda All New Jazz Versi Pengguna

Honda Jazz memang rajanya Hatchback di Indonesia....Hanya Toyota Yaris yang menjadi penghalang utama untuk selalu unggul dalam segi performance dan penjualan. Tenaga 120 HP yang dimilikinya merupakan terbesar di kelas 1500 cc, keunggulan ultraseat, kelegaan kabin dan bagasi serta fitur lainnya memang menggoda untuk bisa memilikinya........Tetapi semua mobil kalau baru hampir tidak ada kelemahannya, jika sudah mulai dipakai maka satu persatu akan muncul kekurangannya yang kadang mengganggu bagi pemiliknya. Ada 3 alasan Utama Handa All New Jazz masih bisa bersaing di kelasnya : (1) Tenaga yang power full 120 PS (2) Kabin dan Bagasi yang Lapang dan (3) Harga jual kembali yang cukup tinggi.


Honda All New Jazz yang Memikat

Berikut ini 9 kelemahan yang sering dilontarkan para pemiliknya .
  • Harga terlalu mahal untuk sebuah hatchback 1500 cc. Para pesaingnya mampu memberikan range harga < Rp 200 jutaan. Sedangkan Honda All New Jazz tetap dijual di range harga > Rp 200 jutaan. Banyak yang mengatakan Honda pelit untuk menyematkan fitur-fitur dan lebih mengedepankan tenaga mesin saja, padahal hanya sedikit pemilik mobil punya karakter sebagai pengemudi agresif karena kebanyakan kalem. Honda Jazz juga paling pelit dengan Diskon walaupun akhir tahun sekalipun.
  • Untuk Type Matic, tarikan bawahnya lemot (Hal ini berbeda dengan saingannya Toyota Yaris yang tarikan bawahnya nendang)
  • Kabin kurang senyap dan terkesan berisik yang berarti kurang peredaman yang memadai. Suara hujan dan ban tembus ke kabin sehingga harus membesarkan suara audio untuk menghilangkan gangguan suara dari luar. Diperlukan tambahan dana untuk menambahkan peredam pada plafon dan dashboard depan. Jangankan Honda Jazz, All New CRV saja banyak yang mengeluhkan suara ban Dunlop-nya yang masuk ke kabin. (Honda harus melakukan perbaikan peredaman terutama di plafon dan Sekitar Ban). 
  • Suspensinya terlalu keras (depan) dan terlalu lembut (belakang) sehingga tidak nyaman untuk perjalanan jauh atau tidak nyaman pada jalan yang tidak mulus. Untuk kencang memang enak tetapi untuk membawa penumpang sungguh suspensi yang keras membawa konsekuensi kenyamanan berkurang. Jangan coba2 melewati polisi tidur atau jalan berlobang dengan Honda Jazz karena pantat penumpang belakang akan locat.
  • Ground Clearance terlalu rendah hanya 150 mm sehingga membatasi ruang jelajah Honda All New Jazz. Pengguna Honda All New Jazz harus selalu memilih jalanan yang relatif mulus untuk menghindari nggesrot bumpernya. Banyak yang mengeluhkan Honda All New Jazz gampang nggesrot pada polisi tidur apalagi dengan adanya body kit.
  • Tidak bisa seirit yang diperkirakan sebelumnya....Apalagi dengan karakter Jazz yang agresif maka konsumsi bbm akan sangat mengecewakan. Dalam kota macet konsusmi bbm hanya berkisar 8-10 km/liter. Apalagi yang automatic lebih boros.
  • Penyakit lama Honda Jazz adalah pintu depan bagian driver, kacanya gampang seret. Perlu rajin memberi semprotan silicon supaya tetap lancar. Inilag kegagalan Honda dalam merancang sistem pengendali motor dan sensor pada kaca pengemudi........hal yang sama juga dialami oleh Suzuki Aerio.
  • HID, keyless Entry dan Start STop Button belum tersedia seperti yang ada pada varian tertinggi saingannya. Atau dengan kata lain Honda Jazz minim Fitur dibandingkan kompetitornya..
  • Bagasi terutama pintu bagasi belakang sering mengeluarkan bunyi-bunyian saat melewati jalan keriting.

Yang paling mengganggu adalah ground clearance yang rendah dan kualitas peredaman yang kurang. Jadi jika ke-2 masalah utama tersebut bisa diterima maka All New Jazz pantas untuk dijadikan kendaraan harian.

Sumber :
http://herwonocahklaten.blogspot.com/2012/10/9-kelemahan-honda-all-new-jazz-versi.html


UNTUK PEMESANAN, SIMULASI KREDIT , PROMO KHUSUS , TEST DRIVE  & TUKAR TAMBAH MOBL LAMA DENGAN MOBIL BARU HUBUNGI SALES AUTO 2000 PASTEUR BANDUNG DEALER TERBESAR DAN TERLENGKAP DI JAWA BARAT :


RIDWAN SAID 
0857 5969 9526
0818 0822 2000 (WA/LINE)
PIN CHANEL TOYOTA : C00170009


AKSESORIS MOBIL ANDA


tshirt 3 dimensi
TSHIRT 3 D AVANZA (KLIK)
sarung jok murah
COVER JOK MURAH

HUBUNGI : 
SIWI TAUFIQ RACHMAN
0853 2090 2122
PIN BB : 52295E06
CHANEL C001AB627
Cek Aksesoris Mobil Anda :

Toyota New Yaris 2013/2014

Toyota New Yaris 2013/2014 

Sang Pembunuh Honda All New Jazz


Siapa tidak mengetahui bagaimana pertarungan sengit dalam satu dekade antara Toyota Yaris dengan Honda Jazz. Pertarungan sengit keduanya berlangsung hingga keduanya memasuki masa mayor change di akhir tahun 2013.

Selubung Toyota New Yaris 2014

New Yaris 2014 Sporty.....Menggoda.


Apakah ini Sosok New Yaris 2014 ?
Toyota Yaris TRD Sportivo


Honda All New Jazz 2013

Kedua mobil ini saling mengalahkan dalam hal penjualan dan penghargaan dari berbagai media otomotif, tetapi secara umum bahwa Honda All New Jazz masih lebih diminati di kelas hatchback dibandingkan Toyota Yaris karena faktor tenaga yang lebih besar (120 PS), bagasi yang lebih lapang dan bentuk yang lebih futuristik.

Segala cara sudah dilakukan oleh Toyota Yaris untuk bisa mengalahkan dominasi  Honda All New Jazz, dan sedikit banyak cara dan gaya Toyota mendesign ulang pernak-pernik Yaris menjadikan pertarungan keduanya semakin sengit di tahun-tahun terakhir masa produksi keduanya akan berakhir di 2014. Tetapi ukuran bagasi yang mungil di Toyota Yaris masih sulit untuk bisa mengalahkan design ultraseat dan kelegaan bagasi Honda All New Jazz, sehingga Designer Toyota Yaris akhirnya mengadakan research dan penelitian panjang untuk melakukan re-design ulang bentuk dan tampilan Yaris sehingga bisa menjadi "Pembunuh" bagi kelangsungan Honda All New Jazz.

Lihatlah bagaimana Toyota serius menggarap New Vios sehingga tampilannya sangat radikal dibandingkan sebelumnya dan diprediksi akan menjadi leader di Indonesia untuk kelas Small Sedan mengalahkan Honda City.

Toyota Vios 2012

Toyota New Vios 2013
Bagaimana dengan New Yaris 2014 ?

Toyota All New Yaris secara life time akan segera berakhir di akhir tahun 2013 dan dari informasi media otomotif internasional, New Yaris mayor change (Perubahan Total) sudah dipersiapkan Toyota mulai tahun 2013 yang dimulai di hajatan Shanghai Motor Show 2013 dan wilayah asean segera akan menikmati New Yaris mayor change di awal tahun 2014.

Inilah Sosok New Yaris 2014 yang segera akan menyapa pecinta otomotif  Tanah Air pada awal tahun 2014, dan di Thailand Toyota New Yaris sudah dilaunching ke publik pada tanggal 22 Oktober 2013 tetapi dengan mengandalkan mesin 1,200 

New Yaris 2014 Side View
New Yaris 2014 Front View
New Yaris 2014 Side View
Interior Toyota New Yaris 

New Yaris Back Side


2014 Toyota Yaris Hatchback Photos


APA YANG BERUBAH DARI NEW YARIS 2014 ?

Perubahan New Yaris 2014 kelihatnnya diarahkan untuk menggembur dominasi Honda All New Jazz yang terkenal dengan tenaga besar dan kabin/bagasi lapang.

Inilah perubahan menyolok New Yaris 2014 yang akan memikat pecinta small hatchback di Indonesia.
  1. Dimensinya dibuat melar lebih panjang sehingga bisa diperoleh bagasi lapang (menutupi kelemahan yaris saat ini yang bagasinya sempit). Dimensi New Yaris 2014 menjadi 4,133 mm dari sebelumnya 3,750 mm. Lebar mobil juga melar sedikit dari 1,695 mm menjadi 1,700 mm. (sumber Mobilxmotor.com)

    Interior Toyota New Yaris Sangat Lega
    Bagasi Toyota New Yaris bersaing dengan Honda New Jazz

  2. Panjang Wheelbase diperpanjang dari 2,460 menjadi 2,550 mm untuk memperoleh tingkat pengendalaian dan kestabilan yang lebih baik.
  3. Tampang menjadi lebih sporty dan menawan, jauh lebih memikat dari Yaris sebelumnya. bentuknya yang stylist ini bisa bersaing dengan bentuk Honda All New Jazz terbaru.
  4. Interior mengalami perubahan yang lebih elegant dan modern.

    Kabin Toyota New Yaris yang Lega
    5. Mesin mungkin masih mengandalkan yang sekarang berkapasitas 1,500 cc, 109 PS yang terkenal "Fuel Saver, Speed Maker". 


Yang versi Eropa bisa di lihat disini :



Kabarnya New Yaris akan dirakit di pabrik Toyota di Indonesia bersama dengan New Vios pada tahun 2014. Dengan kedatangan New Vios dan New Yaris pada tahun 2014 mendatang, pantaslah Honda ketar-ketir karena produk mereka akan mendapatkan lawan tangguh di kelas small sedan dan small hatchback.

Kabar terakhir di bulan September 2013 :

Aura kedatangan New Yaris di tahun 2014 segera terkuak, Toyota Yaris 2013 akan segera berakhir dengan pembatasan stock dari Thailand, bahkan di ujung masa produksi Generasi Yaris 2013, Toyota kabarnya memberikan diskon hingga 25 juta. Memang New Yaris dan Vios 2014 akan diproduksi di Indonesia atau basis produksi pindah dari Thailand, hal ini karena TMC Jepang ingin Thailand fokus pada pengembangan produk small sedan dan hatchback berjenis eco car (Hybrid), medium dan big sedan.

Kelihatannya New Yaris untuk pasar Indonesia adalah New Yaris versi Shanghai (Bukan Versi Eropa), dan memang ekterior dan interior berubah total dari generasi sebelumnya. Dengan New Yaris 2014 yang akan dipasarkan pada semester 1 tahun 2014 (Februari-Maret 2013) kelihatnnya akan bisa mengalahkan dominasi New Jazz yang terkenal lapang dan power full. Honda pun kabarnya sudah menyiapkan pengganti All New Jazz, tetapi saat ini lawan Honda adalah produk yang hampir setara baik dalam model, style, keluasan bagasi dan value of money. Tentu keuntungan pada masyarakat yang akan memperoleh produk yang lebih berkualitas dan variatif.

Lawan Toyota New Yaris (Honda All New Jazz)....Meluncur akhir tahun 2014

Harga New Yaris yang ditawarkan (Estimasi bedasarkan harga yaris 2013 OTR)

Type J M/T  : Rp 205,000,000
Type J A/T  : Rp 215,000,000
Type E M/T : Rp 210,000,000
Type E A/T : Rp 220,000,000
Type S M/T : Rp 220,000,000
Type S A/T ; Rp 230,000,000
Type Sporty M/T : 250,000,000

Toyota New Yaris TRD (Sporty) ..sumber Coolandmore.com
Dan inilah perbandingan Toyota New Yaris vs Honda All New Jazz (2014)



Selamat datang pertarungan mematikan small hatchback di tahun 2014 mendatang. Semoga konsumen diuntungkan dengan produk yang lebih fresh dan berkualitas.
Sumber :
http://herwonocahklaten.blogspot.com/2013/05/toyota-new-yaris-2014-sang-pembunuh.html

UP DATE : NEW YARIS 2014

UNTUK PEMESANAN, SIMULASI KREDIT , PROMO KHUSUS , TEST DRIVE  & TUKAR TAMBAH MOBL LAMA DENGAN MOBIL BARU HUBUNGI SALES AUTO 2000 PASTEUR BANDUNG DEALER TERBESAR DAN TERLENGKAP DI JAWA BARAT :


RIDWAN SAID 
0857 5969 9526
0818 0822 2000 (WA/LINE)
PIN CHANEL TOYOTA : C00170009


AKSESORIS MOBIL ANDA


tshirt 3 dimensi
TSHIRT 3 D AVANZA (KLIK)
sarung jok murah
COVER JOK MURAH

HUBUNGI : 
SIWI TAUFIQ RACHMAN
0853 2090 2122
PIN BB : 52295E06
CHANEL C001AB627
Cek Aksesoris Mobil Anda :

9 Kelemahan Suzuki Ertiga versi Pengguna

9 Kelemahan Suzuki Ertiga versi Pengguna 

(Masukan Bagi Produsen)


Tulisan ini bukan untuk memastikan bahwa Ertiga adalah produk yang tidak bagus, tetapi lebih merupakan inputan bagi Suzuki untuk melakukan perbaikan atas semua  keluhan pada penggunanya. tentu saja bukan hanya Ertiga, semua produk baru biasanya banyak mengalami keluhan2 dan seiiring waktu akan lahir produk yang semakin sempurna bagi pembelinya. Lihatlah bagaimana di awal penjulannya Avanza dan Xenia semua media mengulas kelemahan ke-2nya (mulai dari suspensi yang ajrut-ajrutan sampai bahan jok yang tipis) tetapi seiring waktu saat ini diperbaiki oleh pihak produsennya.
Suzuki Ertiga yang Fenomenal
Suzuki Ertiga menjadi raja baru di kelas Low MPV dengan penggerak FWD, kehadiran Honda Freed dan Nissan grand Livina ternyata tidak bisa menenggelamkan kesaktian si-kembar Toyota Avanza Daihatsu Xenia. Suzuki Ertiga ternyata mampu menggangu keperkasaan si Xenia walaupun sangat sulit mengejar kesuksesan sang Legenda Toyota Avanza.


Sang Penguasa MPV Indonesia (Avanza)
Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia pantas menjadi MPV terlaris karena sejak kehadirannya di tahun 2004 sampai sekarang banyak prestasi yang telah diraihnya walaupun bagi sebagian orang akan terasa membosankan karea hampir semua orang first buyer akan memilih mobil ini. Kehadiran Suzuki Ertiga terasa mengejutkan semua pengamat otomotif nasional karena penjualannya langsung menyaingi penjualan Xenia dan Toyota Kijang Innova di level 5000-7000 unit per bulan.
Setelah berjualan hampir 1 tahun, kesuksesan Suzuki Ertiga membuat first buyer MPV yang bosan dengan design Avanza akhirnya menjatuhkan pilihannya pada Ertiga. Apa konsekuensinya membeli Ertiga adalah bagaimana bisa memahami karakter build quality dari produk Suzuki sehingga kelemahannya bisa dijadikan bahan improvement bagi konsumen di tanah air.

Kehebatan Suzuki Aerio, Suzuki Baleno dan Suzuki SX-4 yang diawal sangat memikat akhirnya harus tenggelam di tengah persaingan ketat produsen kendaraan dari Jepang dan Eropa/Amerika. Lihatlah bagaimana Suzuki Swift yang notabene adalah satu kasta mesin dengan Ertiga tidak bisa berbuat banyak untuk merusak angka penjualan Yaris dan Jazz. Artinya Suzuki Ertiga sangat rawan untuk disaingi jika ada produk serupa (Low MPV dengan FWD) yang berharga mirip dengannya........hal ini tercermin dari Suzuki Swift yang sulit menembus angka penjualan yang bagus.

Kehadiran Cevrolet Spin yang juga FWD, Nissan Grand New Livina mungkin akan sedikit menghambat angka penjualan Suzuki Ertiga. Berikut ini adalah keluhan dan kelemahan Suzuki Ertiga versi pengguna yang jika pihak produsen mobil Suzuki tidak melakukan perbaikan maka di masa 1-2 tahun yang akan datang akan meruntuhkan kesuksesannya saat ini :

Kelemahan Keluhan Suzuki Ertiga versi Pengguna : (Dari berbagi sumber : kaskus, ulasan otomotif, forum diskusi otomotif) tidak semua pengguna Suzuki Ertiga mengalami masalah yang sama.

  1. Bau Sangit di kecepatan diatas 100 km/jam (bahkan ada yang merasakan di kecepatan 80-90 km/jam) Penyebabnya adalah material ceramica catalic converter yang pada suhu tinggi akan mengeluarkan bau sangit dan bau tersebut ternyata tembus sampai kabin (sumber kebocoran inilah yang sampai saat ini masih belum dipastikan posisinya). Suzuki harus bisa menambah rapat/kedap celah yang membatasi ruang mesin dan kabin mobil. Bau gosong atau sangit ini bisa bertahan bulanan sehingga sangat mengganggu kabin. Sebenarnya hampir semua mobil yang punya CC akan mengalami hal yang sama bedanya adalah kualitas peredaman kabin dan ruang mesin yang berbeda untuk setiap produsen mobil. jadi jika ini dialami sewajarnya konsumen harus klaim ke Suzuki untuk mencari sumber celah masukknya bau sangit tersebut.
  2. Bau asap kendaraan truk, bus atau bahkan motor 2 tak jika Ertiga dibelakangnya masuk ke kabin, ini mungkin penyebabnya sama dengan no.1 yaitu sistem sekat antara kabin dan ruang mesin/luar body masih harus ditingkatkan kekedapannya.
  3. Cat body ternyata sangat tipis seperti mobil sekelasnya, dan bagian yang tidak terlihat terkesan QCnya kurang baik. Jika dibandingkan avanza mungkin 11-12 perbedaanya atau sama-sama tipis (dan memang mobil < 100 ps, body yang tipis adalah design body untuk mendapatkan bobot mobil yang proporsional)
  4. Pelayanan purna jual terutama di pinggiran kota masih jauh dari harapan konsumen, kemungkinan disebabkan karena investasi di bagian ini membutuhkan biaya yang sangat tinggi, ketersediaan bengkel yang mumpuni masih terbatas karena tidak siap dengan angka penjualan Ertiga yg tinggi. keluhan pasti berkisar pada penanganan problem kendaraan, kelengkapan infrastruktur bengkel yang memadai, sumber daya manusia yang terbatas, suasana bengkel yang sempit/terbatas, dan waktu penanganan masalah kendaraan yang cukup lama. Jika angka penjualan tetap tinggi di 5,000-7,000 per bulan dan Suzuki tidak menambah layanan bengkel maka bisa dipastikan akan terjadi penurunan kualitas layanan purna jualnnya. 
    Suasana Bengkel Suzuki
  5. Ban yang dipakai adalah type ekonomis sehingga kualitas dalam kabin akan berkurang akibat type ban yang ekonomis. Banyak pengguna yang melakukan improvement dengan mengisi ban nitrogen dan yang paling bijaksana adalah mengganti ban yang lebih baik pada saat 40,000 km. 
    Ban Type Eco pada Suzuki Ertiga
  6. Kualitas Akhir Suzuki masih belum menyaingi kompetitornya, banyak keluhan Ertiga karena finishing kendaraan yang tidak melalui QC yang ketat seperti : Kerataan pintu depan dan belakag, pintu belakang yang sulit terbuka, gejalan ndut-ndutan karena kualitas CC yang buruk, bebunyian/getaran di dashboard yang sulit terlacak dan lain lagi. Intinya tidak semua pengguna mengalami tetapi mengindikasikan bahwa tidak dilakukan kontrol kualitas yang ketat sehingga lolos sapai konsumen. Ini terbukti dari penghargaan JD Power (Lembaga riset kepuasan pelanggan) jatuh pada Toyota Avanza (79 PP 100) sedangkan Ertiga di posisi ke-3 dengan (85 PP 100) dibawah Daihatsu Luxio yang juga (85 PP 100). Sebagai pembanding Toyota Kijang Innova memiliki 67 PP 100. 
    Keluhan2 pengguna Suzuki Ertiga juga banyak ditemukan pada forum suzuki ertiga club di http://www.ertigaclubindonesia.org/forum/index.php?board=27.20. Mungkin mobil kompetitornya  mengalami yang sama pada awal2 produksi, sehingga Suzuki sebagai produsen mobil yang sedang "dipercaya" oleh konsumen Indonesia harus terus melakukan perbaikan mutu.

  7. Posisi bangku ke 3 memang bisa dilipat rebah sehingga memperluas ruang bagasi tetapi cara pelipatannya menyebabkan jok belakang bisa cepat kotor, bisa ketumpahan cairan barang bawaan, dan posisi jok belakang bisa menjadi tumpuhan barang bawaan (jok bisa rusak).
    Posisi Jok ke-2 dan ke-3 yang tidak fungsional.
  8. Jika dimuati penuh, apalagi saat tanjakan maka sangat sulit mengendalikan ertiga secara nyaman. Raungan mesin yang hanya 95 HP dan dimuati penuh di tanjakan memang jadi kendala bagi Ertiga. Hal ini juga di alamai oleh Nissan grand livina atau mobil city car. dibutuhkan rpm tinggi ntuk bisa berakselerasi nyaman. Kelemahan ini akan tambah berasa saat kondisi tanjakan licin karena hujan ditambah usia ban yang sudah > 30,000 km. Dalam kondisi kencang, posisi tanjakan bukan rintangan buat mobil ini, tetapi saat macet di tanjakan maka akan sangat berasa.
    Tanjakan yang bisa jadi Rintangan.
  9. Seperti mobil FWD lainnya, radius putar di putaran atau diparkiran tidak leluasa seperti MPV RWD. Hal ini juga dialami oleh seluruh kendaraan FWD karena sistem penggeraknya memang dirancang untuk membatasi ruang gerak poros rodanya.



Calon potensi kekurangan ertiga di masa depan adalah :
  1. Seperti mobil FWD (sedan, hatchback) maka ertiga membutuhkan perawatan yang lebih mahal jika ingin tetap merasakan kenikmatan mengendarai mobil terasa sedan. Jika terlambat mengantaisipasi kelemahan pada sistem penggeraknya misalnya tie rod, ball joint dan sekitarnya, maka bunyi-bunyian kaki-kakinya akan merusak kenikmatan mengendai mobil FWD. Kenyamanan mengemudikan Ertiga menyebabkan penggunanya tidak menyadari melakukan pengendalian agresif dijalanan berlubang, rusak, keriting dan gunduk.....hal ini bisa semakin mempercepat usia kaki-kakinya. 
  2. Jaringan bengkel Suzuki yang mulai kedodoran mengantisipasi angka penjualan Ertiga yang tinggi menyebabkan kualtitas pelayanan akan semakin buruk. Apalagi biaya membangun jaringan after market yang memadai dibutuhkan investasi yang sangat tinggi. Tahun 2013 Suzuki membangun pabrik pabrik baru di Cikarang seluas puluhan Ha untuk menejar pertumbuhan penjualan Ertiga yang terus naik, mudah-mudahan Suzuki tidak melupakan membangun jaringan after sales di seluruh Indonesia yang memenuhi kebutuhan konsumennya.
  3. Usia MPV yang FWD dalam sejarahnya tidak setangguh MPV yang RWD. Lihatlah bagaimana rental kendaraan akan didominasi oleh Avanza dan Innova karena daya jelajah dan ketangguhannya sudah terbukti. Jalanan di Indonesia yang justru semakin jelek dari tahun ketahun akan menambah beban berat bagi MPV sekelas Ertiga dan Grand Livina.
Semua kelemahan pada suzuki ertiga sebenarnya masih kategori wajar untuk mobil baru yang baru berusia 2 tahunan, seiring dengan waktu pihak Suzuki pasti akan memperbaharui semua kelemahan yang mungkin terjadi selama proses produksi. Tulisan ini tidak membandingkan dengan low mpv jenis lain seperti avanza atau cevrolet spin tetapi lebih merupakan bahan untuk share bagi pengguna suzuki ertiga agar memahami kelemahan dan kekurangan mobilnya sehingga bisa dilakukan improvement sendiri. 

Pada bulan September 2013 akan ada pesaing baru Suzuki Ertiga yaitu dari Honda yang mengandalkan Low MPV Honda berbasis mesin honda All New Jazz (1,500 cc) atau bisa dikatakan Honda akan menantang Suzuki Ertiga dengan MPV Honda (Adik Freeed) yang juga berpenggerak FWD. Nah ssat keluar nanti tentu bisa dibandingkan kelebihan dan kekurangan antara Suzuki Ertiga dan Honda Low MPV.

Bagi pihak Suzuki kelemahan diatas adalah masukan besar dari pengguna, sehingga bisa dilakukan perbaikan di lini produksi, membangun sistem kontrol kualitas yang ketat, menginvestasikan keuntungannya untuk membangun jaringan purna jual yang baik dan terus meningkatkan inovasi kendaraan yang sesuai selera masyarakat Indonesia.
Sumber :
http://herwonocahklaten.blogspot.com/2013/06/9-kelemahan-keluhan-ertiga-versi.html



UNTUK PEMESANAN, SIMULASI KREDIT , PROMO KHUSUS AVANZA, TEST DRIVE AVANZA & TUKAR TAMBAH MOBL LAMA DENGAN MOBIL BARU HUBUNGI :

SALES AUTO 2000 PASTEUR BANDUNG
DEALER TERBESAR DAN TERLENGKAP DI JAWA BARAT
RIDWAN SAID 
0818 0822 2000 
PIN CHANEL TOYOTA : C00170009


AKSESORIS MOBIL ANDA


tshirt 3 D dan 4 D
TSHIRT 3 D AVANZA (KLIK)
cover jok avanza mb tech
COVER JOK MURAH

HUBUNGI : 
SIWI TAUFIQ RACHMAN
0853 2090 2122
PIN BB : 5F51AC10
CHANEL C001AB627
Cek Aksesoris Mobil Anda :