Senin, 11 November 2013

Tips Mencegah Kebakaran Pada Kendaraan

Tips Mencegah Kebakaran

Faktor Penyebab Kendaraan

Mencegah kebakaran pada kendaraan

Tips Mencegah Kebakaran 



Mungkin kita pernah dikejutkan dengan adanya berita kendaraan terbakar. Yuk, kita simak beberapa info tentang mencegah potensi terjadinya kebakaran pada kendaraan berikut ini.

A. Faktor penyebab terjadinya kebakaran kendaraan
Ada tiga faktor penyebeb munculnya api, antara lain: bahan bakar/bahan yang mudah terbakar, sumber api/pemantik, dan oksigen. Jika salah satu faktor tersebut tidak terpenuhi, maka mustahil terjadi kebakaran. Sedangkan faktor penyebab terjadinya kebakaran kendaraan adalah:

1. OLI
Pada dasarnya karakter oli mudah terbakar jika terkena sumber panas. Misalnya:
  • Sistem oli bocor pada kendaraan yang melaju.tetesan oli terpecik ke mesin yang kondisinya panas, dapat memicu timbulnya api.
  • Seal/sekat oli rusak, hal ini menyebabkan oli merembus dan merambat kebagian mesin kendaraan ,sehingga berpotensi terbakar.
  • Jika oli kendaraan tidak diganti secara rutin,maka dapat berdampak pada berkurangnya viskotas/kekentalan oli yang mengakibatkan mesin cepat panas,aus dan berpotensi terjadi kebakaran kkendaraan ketika terpercik.
  • Sebaiknya lakukan regular check untuk meenghindari potensi kebocoran system oli serta lakukan ganti oli mesin dan oli transmisi secara rutin maksimal setiap 10.000 km atau per 6 bulan.
2. ELECTRICAL PARTS
Electrical parts dapat berubah hubungan singkat/short-cicuit. Hubungan singkat/short-cicuit terjadi bila kabel muatan (+) bersentuan langsung dengan kabel muatan (-). Contoh: Instalasi kabel yang tidak standard/tidak sempurna pada saat pemasangan aksesoris kelistrikan tambahan sehingga dapat mengakibatkan kebakaran.

3. FUEL (bahan bakar)
Kebocoran silang atau tangki bahan bakar diarea engine kendaraan juga berpotensi menyebabkan terjadinya kebakaran kendaraan.karenanya,pastikan melakukan service kendaraan secara rutin menecek denan teleti bahwa system aliran bahan bakar (hose,tube) atau tangki bahan bakar dalam keadaan baik yakni tidak bocor ataupun retak, juga pengencangan clamp (penjepit/klem) sehingga sesalu didalam keadaan baik dan pada posisi yang benar.

4. EXHAUST
Kualitas bahan bakar yang tidak bagus mengakibatkan tidak sempurnanya pelepasan gas buang kendaraan sehingga masih menyisakan kotoran yang tertinggi dan tersumbat di exhaust system.kotoran tersebut dapat ikut terbakar jika kondisi kendaraan sedang berjalan dimana exhaust sedang dalam keadaan panas.

5. PENYEBAB EKSTERNAL (external cause)
Penyebab kebakaran kendaraan ini karena factor eksternal misalnya memarkir kendaraaan dekat dengan area sumber api, membuang punting rokok didalam kendaraan, meninggalkan kain/lap atau bahan apapun di area mesin kendaraan dan lain sebagainya.

B. Tips mencegah terjadinya kebakaran kendaraan
  • Lakukan perawatan/servis rutin kendaraan untuk menjaga performa mesin kendaraan.
  • Berkendara dengan aman untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan yang berpotensi kebakaran.
  • Pastikan saat parkir kendaraan di tempat yang aman dari sumber api
  • Pastikan ruang mesin kendaraan terbatas dari benda asing yang mudah terbakar misalnya kain, kertas ataupun plastik.
  • Jangan membawa kemasan berisi bahan yang mudah terbakar, contoh: bensin, kaleng beraerosol (misal cairan semprot pembersih kendaraan obat nyamuk semprot, dll.) ke dalam kendaraan.
  • Pastikan pemasangan aksesoris kelistrikan dilakukan dengan sempurna dan standard serta dilakukan oleh teknis yang ahli di bidangnya, sebaiknya gunakan genuine part Toyota dan dilakukan bengkel resmi.
  • Upaya preventif yang tidak kalah penting yakni mengasuransikan kendaraan.
C. Hal yang Perlu Dilakukan bila Mengalami Kebakaran Kendaraan
  • Jangan panik. Segera keluar dari kendaraan menuju tempat yang lebih aman sebagai penyelamatan.
  • Jika api relatif kecil, manfaatkan benda sekitar Anda untuk memadamkan api, misal: air atau api. Namun, jika api cukup besar, sebaiknya jangan mencoba memadamkan sumber api tersebut, dan segeralah selamatkan diri dan penumpang.
  • Segera hubungi pihak yang berwenang yakni pemadam pembakaran untuk mengatasi kebakaran kendaraan tersebut serta menghubungi bengkel resmi Toyota terdekat untuk menginvestigasi penyebab kebakaran.
Perhatian!
Jika Anda melihat indikator yang menyala tidak normal pada meter kombinasi dan merasakan gejala penurunan fungsi salah satu sistem pada kendaraan (misal: pada mesin, komponen kelistrikan, bau, dll.) segera hubungi bengkel resmi Toyota terdekat.


Sumber : http://www.toyota.co.id/toyota-true-friend/education-media/detail/tips-mencegah-kebakaran/


UNTUK PEMESANAN, SIMULASI KREDIT , PROMO KHUSUS AGYA, TEST DRIVE AGYA & TUKAR TAMBAH MOBL LAMA DENGAN MOBIL BARU HUBUNGI :

SALES AUTO 2000 PASTEUR BANDUNG
DEALER TERBESAR DAN TERLENGKAP DI JAWA BARAT
RIDWAN SAID 
0857 5969 9526
0818 0822 2000 (WA/LINE)
PIN CHANEL TOYOTA : C00170009


AKSESORIS MOBIL ANDA


tshirt 3 D dan 4 D
TSHIRT 3 D AVANZA (KLIK)
cover jok avanza mb tech
COVER JOK MURAH

HUBUNGI : 
SIWI TAUFIQ RACHMAN
0853 2090 2122
PIN BB : 5F51AC10
CHANEL C001AB627
Cek Aksesoris Mobil Anda :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar